Nama Pena, perlu atau perlu banget?

13 Nov 2013

b647d456f3ced3ab5fd0b76ad0baaf89_penulis2

Kamu pengen jadi penulis?

Sudah punya nama beken belum?

Pertanyaan itu klo ditanyakan ke gue pasti membuat bingung, karena terlalu banyak nama yang bagus dan artinya juga. Trus gue harus pake nama beken yang mana ya?

Banyak banget penulis yang tidak memakai nama asli mereka dan memilih nama beken/ nama pena untuk memperkenalkan karya-karya mereka.

Nah, rencananya sebelum jadi penulis beken, pengen deh punya nama beken untuk menulis (uhukkkk…PD amat yak…eh tapi Amiinn yah, tuliskan menjadi impian terbesar)

Mencari nama beken susah-susah gampang, mencari nama yang gampang diingat, memprediksi bakalan beken atau kagak ya?

Sebenarnya mengapa sih, banyak penulis yang menggunakan nama beken dan tidak menggunakan namanya sendiri?

Berikut hasil analisa gue mengapa nama pena/beken digunakan( analisa ringan dan menurut pemikiran gue yakk, yang kagak setuju boleh kok gak dilarang) :

  • Nama Pena/ Nama beken karena mempunyai nilai jual, yakk seperti penyanyi atau artis-artis, rasanya penulis juga memerlukan ini, terutama bila nama aslinya kepanjangan yakk
  • Nama Pena sesuai dengan gaya penulisannya, gini deh kira-kira klo nama asli kita misalnya agak-agak klasik tapi kita adalah penulis tentang remaja, nah untuk bekennya bisa kok memakai nama-nama yang gaul , yang mengena ke remaja :)
  • Penulisnya pengen aja menggunakan nama beken, atau pengen membedakan ini lohh “ruh” gue saat menulis dan “ruh” gue saat dikehidupan nyata ( ini jadi kayak kepribadian ganda yakkk..eitss tapi pastinya yang positif ya)
  • Penulisnya belum siap beken…ehhh tapi klo yang ini ngapain nulis yakk, khan nulis itu menyampaikan aspirasi, isi hati, efeknya terkenal dari tulisan , jadi mau gak mau jangan dihindari
  • Penulisnya dari dulu pengen suatu hari punya nama yang impian, atau pernah khan berangan-angan klo punya anak ntar namanya gini, nah sebelum kesampean punya anak…nama calon anak dipakai sebagi nama pena dulu ( misalnya lohhh…)
  • Penulisnya pengen pembacanya penasaran…ihhh siapa sih yang nulis ini, namanya singkat banget tapi tulisannya menggalaukan hatiku

Itu analisa gue secara “gue banget”. trus ditanya klo gue mau gunakan nama pena atau nggak?

Untuk saat ini, gue masih menggunakan nama asli…beneran asli banget loh

Maybe…someday kalau gue berubah, maka nama pena/beken patut dipertimbangkan

Atau ada yang mau usul nama beken/pena yang bagus???

sumber gambar



TAGS penulis curhat nama beken nama pena


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post