Terbangun karena Bruxism

16 Apr 2014

Tadi malam aku dibangunkan secara paksa oleh suami. Pipiku ditepok-tepok kayak pisang gepok.

Sebel ih….. udah lelap banget

Penyebabnya karena saat tidur gigiku bergesekan dan seperti mengunyah , itu sangat mengganggu suami yang sedang tidur ( mungkin lebih ke rasa ngilu aja yah)

Dia nyuruh aku nyebut..nyebut..banyakin doa ( menurut dia itu dipengaruhi setan, saat gigi bergesekan ) mhhh…okelah kalo gitu baiklah aku doa dulu.

Emang sih, kebiasaan tidurku ini sudah sejak lama, tapi ternyata (kata suami) akhir2 ini sudah semakin heboh aja bunyinya

Hal ini yang membuat aku khawatir juga, nah aku coba-coba browsing deh…whats wrong dengan kebiasaanku ini.

Banyak mitos yang berkembang sehubungan dengan gigi mengunyah pada saat tidur. Ada yang bilang orang itu sedang memakan arwah leluhur, orang tersebut sedang memperpendek usia ortunya sampai ke orang tersebut lagi ditempati sama setan… Ihhhh koq horor semua yah…

Hasil browsing bahwa gigi bergesekan itu ternyata punya nama yaitu Bruxism. Namanya keren euyyy. Penyebabnya bisa karena faktor psikologi seperti adanya yang dipendam oleh penderita (jadi kayak klo kita gemes terhadap sesuatu tapi kagak bisa diungkapkan). Faktor fisiknya bisa karena apa yang kita makan sebelum tidur menyebabkan asam lambung naik. Faktor stress, cemas. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan juga bisa jadi pemicunya.

Bruxism kalo dibiarkan maka akan menyebabkan sakit kepala, rahang yang kaku dan gigi yang mengalami keausan.

Cara terapinya bisa dengan membangunkan penderita atau konsultasi ke dokter untuk dibuatkan night guard, jadi pelindung gigi biar gak gatel ngunyah saat bobo

tapi katanya klo ke dokter gigi alat ini muahal bisa jutaan hiks….aku masih browsing sih bener atau gak harganya segitu

Untuk sementara pake terapi murmer dulu andelin suami membangunkan diriku saat bruxism.

Doakan berhasil ya mentemen


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post